4 Ikan Raksasa Yang Bisa Menelan Manusia, Salah Satunya di Indonesia

Posted on

Di Bumi ini masih banyak makhluk hidup atau spesies yang belum ditemukan. Selain predator menakutkan yang hidup di darat, ada juga predator yang hidup di perairan. Beberapa ikan raksasa di bawah ini kabarnya pernah membunuh manusia dan bahkan memakan nya.

1. Piraiba Catfish

Piraiba Catfish termasuk keluarga ikan lele. Ikan ini seringkali membuat kapal para nelayan tenggelam. Penyebabnya adalah pancing nelayan tidak sengaja sengaja mengenai Piraiba. Ikan ini dapat mempunyai berat lebih dari 250kg serta panjnag tubuh lebih dari 3m. Menyeret tubuh nelayan dan juga perahunya bukanlah hal sulit untuk ikan ini. Bahkan pernah ada rumor kalau seekor ikan Piraiba bisa menelan tubuh manusia.

2. Bagarius Yarrelli

Ikan yang kabarnya pernah memakan manusia ini mempunyai nama Bagarius Yarelli, termasuk jenis ikan catfish/ikan lele yang mempunyai nama lain Sand Shark, Giant Devil Catfish, atau Goonch. Habitat aslin ikan ini berada di Asia Selatan serta Asia Tenggara antara lain di perairan sungai Merah Vietnam, sungai Pharaya Thailand, Sungai Gangga India dan juga Indonesia. Biasanya mereka hidup di perairan sungai yang agak dingin serta berarus kencang yang mempunyai struktur dasar sungai berbatuan. Goonch yang bisa tumbuh lebih dari 2 meter ini dipercaya sering memakan jasad manusia yang dikubur atau dibunag di Sungai Kali dan Gangga, India ( Sungai Gangga adalah tempat ritual pembakaran mayat pemeluk agama Hindu). Dikabarkan juga ada beberapa remaja yang hilang ketika sedang mandi di sungai Kali dan saksi mata yang melihat mengatakan kalau ikan Gonch yang menyeret para remaja tersebut.

3. Payara (Vampire Fish)

Paraya ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan ikan Piranha versi besar dengan anatomi gigi jauh lebih berbahaya. Ukuran tubuh ikan ini rata-rata bisa mencapai panjang 1,17m serta berat minimal 18kg menjadikannya salah satu predator paling menakutkan di Sungai Amazon. Ikan ini merupakan penyebab kematian paling banyak bagi para nelayan dan penyelam, bersanding dengan ikan Candiru dan Lamprey yang juga termasuk keluarga Vampire Fish.

4. Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish bisa mempunyai ukuran tubuh yang mencapai panjang lebih dari 1,8 meter serta dilengkapi 32 gigi besar yang runcing dan tajam. Ikan yang mendiami habitat asli di sungai Afrika ini dikenal sebagai ikan predator dengan kekuatan serta kecepatannya. Ikan ini pun bahkan dapat membunuh buaya dengan mudah, jadi bukanlah perkara sulit untuk membunuh manusia yang lebih lemah dari buaya.

Sumber:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Brachyplatystoma
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Kali_River_goonch_attacks
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Hydrocynus_goliath
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Payara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *