Selasa, 03 Januari 2017

5 Raksasa Sepakbola dengan Jumlah Penduduk Terkecil

Tags

Haloo gaes apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang negara-negara yang mempunyai tradisi sepakbola yang kuat akan tetapi memiliki jumlah penduduk yang terbilang kecil. Ungkapan bahwa kuantitas tidak menentukan kualitas memang terbukti. Hal tersebut juga berlaku di sepakbola. Yuk kita simak, ada sejumlah negara yang mempunyai jumlah penduduk tergolong kecil tetapi mempunyai tim nasional yang tangguh dan berprestasi. Seperti dikutip dari BolaHore.com ini dia 5 raksasa sepakbola yang mempunyai populasi penduduk terkecil.

1. Belanda



Negara yang pernah mengekpolitasi Indonesia ini hanya mempunyai populasi sejumlah 16.88 juta. Tapi kalau bicara tentang sepakbola, jangan ditanya lagi. Belanda memiliki Liga yang kompetitif sekaligus terkenal. Dari kompetisi disana banyak melahirkan para pemain top seperti Robin van Persie, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Rafael van der Vaart. Di masa lalu, pasukan Der Oranje juga mempunyai bintang kelas dunia seperti Marco van Basten, Frank Rijkard, dan Ruud Gullit. Belanda berhasil meraih trofi Piala Eropa 1988. Catatan emas lainnya juga pernah dicatatkan antara lain melaju ke partai final Piala Dunia tahun 1974, 1978 serta 2010.

2. Belgia



Negara yang menjadi tetangga Belanda ini pun juga mempunyai kualitas sepakbola yang mumpuni meskipun hanya mempunyai populasi sekitar 10,77 juta. Meskipun mereka cuma satu kali menjajak final Piala Eropa 1980, tapi saat ini Belgia punya talenta-talenta yang hebat, tidak mustahil mereka dapat mengukir tinta emas sejarah di masa depan. Siapa yang tidak merinding melihat skuad timnas Belgia yang kini dihuni nama-nama beken seperti Vincent Kompany, Eden Hazard, Romelu Lukaku, Jan Vertongen, Maroune Fellaini.

3. Portugal



Cristiano Ronaldo, almarhum Eusebio, Luis Figo dan Rui Costa adalah jaminan kalau Portugal merupakan salah satu timnas sepakbola terbaik di dunia. Hanya mempunyai penduduk sekitar 10,77 juta jiwa, Portugal selalu tampil trengginas dan menggebrak di setiap turnamen internasional yang diikuti. Percapaian terbaik Seleccao das Quinas adalah menjadi Juara Piala Eropa 2016 yang diselenggarakan di Perancis. Dan mereka pun pernah meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 1966 serta runner up Piala Eropa 2004 silam.

4. Kroasia



Kroasia merupakan negara terkecil kedua dari semenanjung Balkan. Tak mengherankan jika mereka hanya mempunyai jumlah penduduk sekitar 4,29 juta. Tapi dari sisi sepakbola, Kroasia adalah negara besar. Parameternya jelas. pada tahun 1998 lalu, mereka berhasil meraih peringkat ke tiga di Piala Dunia Perancis. Mengandalkan pemain-pemain seperti Davor Suker, Zvonimir Boban dan Robert Prosinecki mereka berhasil mengejutkan turnamen itu. Di era sekarang, golden generation Kroasia kembali muncul. Ada nama-nama seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, Dejan Lovren, serta Mateo Kovacic yang siap kembali mengibarkan nama Kroasia di pentas sepakboal dunia.

5. Uruguay 



Dua gelar juara Dunia serta tiga kali menjadi peringkat ketiga di pentas Piala Dunia menjadi bukti yang sahih kalau Uruguay merupakan tim besar. Tapi tahukah Kamu jika negera Amerika Latin ini hanya mempunyai populasi sekitar 3,28 juta. Ngomongin tentang pemain, Uruguay juga mempunyai stok yang mumpuni. Ada pemain kelas dunia seperti Diego Forlan, Luis Suarez, Diego Godin, dan Edinson Cavani.

Ngomongin tentang prestasi serta amunisi tim, mungkin lima negara di atas masih kalah dari negara raksasa sepakbola seperti Jerman, Spanyol dan Brasil. Tapi perlu diperhatikan juga, 3 negara tersebut mempunyai populasi yang jauh lebih besar. Jerman mempunyai penduduk 80.6 juta jiwa, Spanyol dihuni oleh 47.27 juta jiwa sedangkan Brasil dihuni 198.7 jiwa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon