Senin, 02 Januari 2017

Gurun Sahara diselimuti Salju Pertama Kalinya Dalam 37 Tahun

Tags


Penduduk yang tinggal di Gurun Sahara, Kota Ain Sefra, Aljazair, dibuat kaget dengan hadirnya pemandangan yang langka, yaitu salju yang menutupi wilayah gersang tersebut.

Pemandangan salju menyelimuti gurun itu diabadikan oleh seorang fotografer amatir, Karim Bouchetata. Bouchetata mengambil momen itu ketika salju turun di atas padang pasir berwarna merah itu.

"Semua orang tercengang melihat salju turun di gurun. Ini benar-benar kejadian langka," kata Bouchetata, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (27/12).


"Salju yang menyelimuti gurun itu tampak benar-benar indah. Pasir merah dan salju adalah perpaduan yang begitu menarik untuk diabadikan," tuturnya.

Salju tersebut sempat menutupi gurun Sahara selama beberapa hari. Tetapi kini salju itu sudah mencair dikarenakan suhu yang semakin meningkat.

Sejarah mencatat, kejadian yang mirip pernah terjadi di Gurun Sahara pada bulan Februari 1979 lampau. Kini untuk pertama kalinya dalam 37 tahun, salju kembali turun menyelimuti Sahara.


Gurun Sahara dan sebagian besar wilayah di Afrika Utara telah melalui pergeseran suhu dan kelembapan ekstrim selama beberapa ratus ribu tahun terakhir. Fenomena ini paling tidak biasa dari yang pernah terjadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon