Inilah Nasib 10 Karyawan Pertama Apple

Posted on

Ngomongin gadget merek Apple tak bisa lepas dari nama Steve Jobs. Visi dan pemikiran Jobs memang yang membuat Apple menjadi perusahaan teknologi besar dunia.

Akan tetapi, Jobs tidak bekerja sendirian. Ada team work, terutama pada masa-masa awal mengembangkan perusahaan. Sayangnya, karyawan Apple diawal perusahaan berdiri sudah banyak yang terlupakan.

Dikutip dari situs Business Insider, Selasa, 27 Desember 2016, menampilkan profil 10 karyawan pertama Apple. Data dari 10 karyawan pertama Apple ini didapatkan dari CEO pertama Apple, Michael Scott dan Steve Wozniak, kolega dan sekaligus salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs.

Scott mengatakan, ketika itu dirinya sebagai CEO mengidentifikasi karyawan awal perusahaan dengan memberikan nomor karyawan untuk administrasi.

1. Steve Wozniak

Wozniak adalah karyawan dengan nomor 1, dan sekaligus pendiri Apple dengan Steve Jobs. Dalam riwayat awalnya bersama Apple, dirinya nyaris tidak bergabung bersama Apple. Wozniak saat itu sudah menimbang penawaran untuk bekerja di HP. Tapi lalu dia memutuskan untuk menjadi bagian dari Apple.

Kini pria dengan sapaan akrab Woz itu masih sering muncul di acara di Silicon Valley. Dia juga sering menjadi pembicara dalam berbagai acara teknologi.

2. Steve Jobs

Pendiri Apple ini adalah karyawan nomor 2 di Apple. Lalu mengapa ya sosok yang lekat dengan eksistensi Apple itu bernomor 2.

Hal itu dikarenakan Jobs pernah keluar dari Apple dan membuat startup bernama NeXT. Akan tetapi Jobs kembali lagi dengan Apple ketika perusahaan itu membeli NeXT. Jobs meninggal dunia pada bulan Oktober 2011 karena penyakit kanker.

3. Mike Markkula

Berikutnya adalah nama Markkula yang juga penting di masa awal Apple. Karyawan dengan nomor 3 itu tercatat telah melakukan investasi pada Apple sebesar US$250 ribu. Sebagai kompensasi, Markkula mendapat 30 persen saham Apple.

Markkula membantu mengelola Apple, mengembangkan rencana bisnis, mencarikan CEO pertama hingga merekrut Steve Wozniak.

Markkula tercatat sebagai karyawan Apple sampai tahun 1997. Di luar Apple, Markkula  berinvestasi pada beberapa startup serta mendonasikan uangnya untuk Santa Clara University, Markkula Center for Applied Ethics.

4. Bill Fernandez

Ketika Jobs dan Wozniak mulai mengembangkan Apple, lalu mereka mempekerjakan Fernandez sebagai pegawai pertama. Tetapi dalam daftar perusahaan, Fernandez tercatat sebagai karyawan nomor 4.

Fernandez bertemu dengan Jobs di Cupertino Junior High School. Dia adalah tetangga dan juga teman dari Wozniak.

Fernandez berada di Apple sampai tahun 1993. Setelah keluar dari Apple dia bekerja di Ingres, perusahaan database. Saat ini dirinya adalah CEO Omnibiotics.

5. Rod Holt

Holt adalah perancang yang pada awalnya skeptis ketika bergabung dengan Apple. Dalam pengakuannya, Holt mengaku dirinya ‘ditipu’ Jobs untuk menjalankan pekerjaan di Apple.
Terlepas dari dari itu, Holt berkontribusi dalam pengembangan rancangan power supply pada Apple II.

6. Randy Wigginton

Dan Kotkke (#12), Randy Wigginton (#6), Chris Espinosa, (#8)

Pegawai bernomor 6 ini mempunyai job description menuliskan kembali bahasa pemrograman awal yang bernama BASIC. Wigginton bertugas mengembangkan BASIC agar bisa bekerja pada komputer Apple II. Setelah keluar dari Apple, Wigginton tercatat pernah bekerja di eBay, Google, serta Chegg, Square.

7. Michael Scott

Scott adalah CEO pertama Apple. Dirinya memilih nomor pegawai dengan angka 7. Dia mengaku angka 7 merujuk pada agen Inggris James Bond 007.

Sebagai CEO pertama, Scott adalah orang yang menyematkan nomor karyawan awal Apple. Dia menjadi CEO karena permintaan investor Apple, Mike Markkula.

8. Chris Espinosa

Espinosa bergabung dengan Apple ketika dirinya masih di sekolah menengah. Dia mendapatkan nomor urut karyawan 8.

Menariknya, sampai saat kini, dirinya masih bekerja untuk Apple dan tercatat sebagai pegawai terlama yang bekerja untuk Apple.

9. Sherry Livingston

Livingston dikenal sebagai orang kepercayaan CEO pertama Apple, Michael Scott. Sherry Livingston adalah sekretaris pertama Apple. Dia bisa menjadi karyawan di Apple karena direkrut oleh CEO pertama Apple, Michael Scott.

10. Gary Martin

Martin bekerja di awal-awal Apple berdiri di bagian keuangan. Martin ketika itu berpikir Apple adalah perusahaan yang gagal, meskipun begitu dirinya tetap bergabung dengan Apple.

Martin bekerja untuk Apple sampai tahun 1983. Setelah keluar dari Apple dia lalu bekerja di Starstruck, perusahaan perjalanan ke antariksa. Martin kini seorang investor privat dan salah satu dewan direksi perusahaan teknologi Kanada, LeoNovus.

Sumber: https://goo.gl/hB72Qv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *