Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Aneh di Mata Orang Asing

Posted on

Penduduk lokal Rusia mempunyai kebiasaan unik yang kerapkali membuat orang asing yang datang ke negara tersebut terheran-heran. Beberapa warga negara asing yang hidup di Rusia mengatakan jika ada banyak hal yang menurut pandangan mereka aneh dari orang Rusia. Mulai dari soal make up atau dandanan, basa-basi, sampai kebiasaan orang Rusia memetik jamur di hutan.

Berikut ini adalah kebiasaan orang Rusia yang biasa saja menurut mereka, tetapi ‘aneh’ menurut orang asing.

1. Dandanan Perempuan Rusia

Banyak perempuan Rusia mempunyai dandanan yang cukup menarik perhatian di mata orang asing. Perempuan Rusia selalu berpakaian seakan-akan mereka akan pergi ke teater atau restoran mewah. Mereka menggunakan riasan tebal serta sepatu hak tinggi bahkan jika pergi ke toko bahan makanan sekalipun. Warga asing menganggap jika hal ini sangat aneh. Seorang warga Ukraina menuturkan, “Ketika saya pertama kali mengunjungi Rusia setelah berkeliling dunia selama beberapa waktu, hal ini menarik perhatian saya. Beberapa perempuan di Prancis dan Italia juga selalu berpakaian maksimal, tetapi di Rusia ini adalah fenomena massal.”

Wanita Rusia juga sangat menyukai wangi parfum yang menyengat. Terkadang saat di elevator, wangi parfum yang semerbak tidak akan hilang bahkan sampai satu jam setelah wanita itu pergi. Hal ini pun juga dilakukan di kantor, akibatnya banyak expatriat yang mengeluh tentang wangi menyengat yang membuat mereka susah berkonsentrasi.

2. Tersenyum

Satu lagi kebiasaan orang Rusia yaitu mereka tidak tersenyum kepada orang asing berbeda dengan kita orang asia yang sering tersenyum. Orang Rusia hanya akan tersenyum kepada seseorang jika mereka sungguh-sungguh menyukai orang itu. Untuk yang belum paham, hal tersebut membuat mereka merasa sedikit kurang nyaman, seolah-olah mereka ditolak dan diperlakukan tidak bersahabat. Tetapi setelah tahu dan terbiasa, kita akan melihat hal itui dengan sudut pandang yang berbeda. Orang Rusia jarang tersenyum kepada orang asing, tetapi ketika mereka melakukannya, kamu akan tahu jika mereka benar-benar senang telah bertemu denganmu, bukan hanya sekedar berbasa-basi.

3. Menanyakan kabar

Di negara Barat, pertanyaan “How are you?” sudah umum menjadi pertanyaan basa-basi atau formalitas yang tidak butuh dijawab dengan sungguh-sungguh, dan begitu juga di Indonesia. Tetapi kebiasaan orang Rusia, orang asing kerap kali akan mendapat jawaban yang ‘komplit’ alias panjang lebar ketika mereka bertanya, “Kak dela?” (apa kabar dalam bahasa Rusia).

Ada sebuah kisah mengenai seorang penulis Rusia yang sungguh kesal ketika ditanya tentang kabar. Ia pun menjawab pertanyaan itu dengan menceritakan secara lengkap apa saja yang telah terjadi kepadanya dalam beberapa hari terakhir, memegang pundak orang yang bertanya dan tidak melepaskannya sampai si Rusia selesai memberikan jawaban lengkap. Setelah beberapa saat, semua orang mulai menjauhinya dan pertanyaan “Apa kabar?” tidak ditanyakan lagi. Jadi gaes, pertanyaan “Apa kabar?” dalam kebiasaan orang Rusia mirip seperti senyuman mereka: orang Rusia melakukan hal tersebut dengan sungguh-sungguh.

4. Memetik Jamur

Amy, seorang warga Amerika yang tinggal di Rusia berpendapat jika kebiasaan orang Rusia yang   paling aneh yaitu hobi memetik jamur di dalam hutan. “Orang Rusia suka memetik jamur liar, tidak seperti mayoritas orang Amerika. Awalnya saya menganggap ini hal yang aneh dan agak berbahaya ketika orang secara umum suka pergi ke hutan untuk memetik jamur,” kata Amy.

Hal-hal yang disebutkan di atas adalah pendapat dari warga negara asing yang pernah atau memang hidup di Rusia. Terlepas apakah cerita itu benar atau tidak, penduduk dari suatu negara umumnya memang memiliki kebiasaan yang menjadi ciri khas mereka. Mungkin menurut mereka kebiasaan itu normal, tetapi bisa jadi di negara lain malah termasuk aneh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *