Inilah 5 Penyebab Jerawat Muncul di Punggung Kamu

Posted on

Pernah ngalamin kan jerawat yang muncul di wajah bikin bete mampus. Membuat gak pede dengan penampilan Kamu. Betul kan? Bagaimana jika jerawat muncul di tempat lain? Yup, jerawat dapat timbul di bagian tubuh mana saja selama dirimu mempunyai kelenjar minyak atau folikel rambut. Salah satu yang kerap menjadi gangguan serta membikin tidak nyaman meskipun tidak kelihatan yaitu jerawat di punggung.

Jerawat pada punggung atau ‘bacne’ dapat timbul karena berbagai sebab. Meskipun itu adalah hal yang normal terjadi seperti pada wajah, dikarenakan punggung juga mempunyai banyak kelenjar yang menghasilkan sebum atau minyak. Tumpukan minyak yang bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri akan menyumbat pori-pori sehingga mengakibatkan munculnya jerawat.

Jangan khawatir, penyebab jerawat di punggung bukanlah masalah hormonal atau ada hal yang tidak benar secara internal didalam tubuhmu. Ini adalah penyebab umum munculnya jerawat pada punggung sehingga bisa Kamu antisipasi, seperti dilansir oleh Bustle, ini dia penyebabnya.

 

1. Keringat

 

Ini adalah alasan utama jerawat bisa muncul di punggung. Ketika kamu melakukan aktivitas di luar rumah dan lalu berkeringat, keringat mu akan bercampur dengan minyak dan bisa membuat iritasi atau menyumbat pori-pori lalu menyebabkan munculnya jerawat. Cobalah untuk mandi sesegera mungkin setelah kamu selesai beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Jangan membiarkan pakaian olahraga melekat pada tubuh dalam waktu lebih lama. Segera setealh selesai bersihkan diri dan ganti baju.

2. Body lotion

 

Beberapa lotion atau produk kecantikan bisa mengiritasi kulit serta menyebabkan jerawat. Jadi pastikan kalau Kamu memakai produk yang non-comedogenic dengan bahan-bahan minimal serta menghindari wewangian yang terlalu banyak.

3. Pakaian yang terlalu ketat

 

Meskipun tidak berketingat jerawat bisa muncul, pakaian fit body yang super ketat bisa memicu munculnya jerawat dikarenakan kulit tidak bisa bernapas. Jadi alangkah baiknya memakai pakaian longgar dengan bahan yang nyaman serta bisa menyerap keringat dengan baik seperti yang terbuat dari katun.

4. Sprei

 

Tahukah Kamu jika sprei menyerap minyak maupun bakteri, jadi ketika kamu berbaring atau tidur di atasnya setiap malam maka akan terjadi penumpukan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Pastikan untuk mencuci/mengganti sprei secara teratur sehingga jerawat tidak berani muncul di punggung.

5. Tali tas

 

Kamu ngak pernah berpikir kan kalau tali tas bisa menyebabkan jerawat. Jerawat bisa muncul disebabkan oleh iritasi. Sesuatu yang menggosok kulit berulang kali seperti ransel ataupun tali tas bisa mengiritasi kulit dan memicu tumbuhnya jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *