Sabtu, 07 Januari 2017

Perbatasan Unik Negara di Dunia, Dari Gambar Ikan Sampai Dinosaurus


Semua negara di dunia pastilah mempunyai perbatasan. Umumnya di perbatasan antara negara satu dengan yang lain ditandai dengan bangunan berupa tugu, patung atau pun gapura. Tetapi ada juga yang memakai alam sebagai perbatasan, contohnya laut atau sungai apabila kedua negara dipisahkan oleh laut atau sungai.

Tetapi di beberapa negara ada yang menggunakan sesuatu hal yang unik untuk menandai perbatasan antar negara. Ada yang hanya menggunakan sungai, sampai membuat patung inosaurus. Nah, dibawah ini merupakan beberapa perbatasan unik antar negara dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Belgia dan Belanda


Perbatasan Belgia dan Belanda ini hanya memakai lantai balok dengan tanda plus (+). Untuk mempermudah mengenali perbatasan, pada wilayah Belanda diberi tanda “NL”, sedangkan wilayah Belgia diberi tanda “B”.

2. Argentina, Paraguay, serta Brazil


Tiga negara terkenal yang berlokasi Amerika Selatan ini hanya memakai sungai sebagai pemisah atau pembatas antara ketiga negara. Terlihat pada gambar di bagian kanan adalah negara Brazil, tengah Paraguay, sedangkan bagian kiri adalah Argentina.

3. Nepal dan China


Nepal dan China mempunyai perbatasan dari alam yang paling mudah diketahui, yaitu Gunung Everest. Jadi, letak pembatas Nepal dan China sendiri juga berlokasi di puncak Everest.

4. Kanada dan Amerika Serikat


Dua negara besar dan maju di dunia ini di salah satu perbatasan antar negara ternyata menggunakan sesuatu yang sangat sederhana dan unik. Perbatasan kedua negara tersebut berada di sebuah kafe yang bernama Derby Line. Satu sisi meja berada di Amerika sedangkan sisi yang satunya berada di Kanada.

5. Rusia dan Amerika Serikat


Jika melihat peta jarak antara Amerika dan Rusia sangatlah jauh. Tetapi pada kenyataannya, jarak terdekat kedua negara hanyalah 35 km saja. Rusia dan Amerika sendiri pun hanya dipisahkan oleh selat, bukan samudra. Dan yang menarik, perbedaan zona waktu diantara keduanya hampir mencapai 1 hari tepatnya 21 jam. Jadi, ketika penduduk Rusia melihat ke seberang selat, mereka tidak hanya bisa melihat negara lain tetapi juga hari esok. Unik sekali bukan

6. Polandia dan Ukraina


Jika anda sedang terbang dan melintasi wilayah antara kedua negara tersebut, bisa jadi Kamu melihat gambar ikan besar. Yup, gambar itu adalah perbatasan antara kedua negara. Gambar tersebut adalah karya seni dari seorang seniman Polandia, Jaroslaw Koziara.

7. China dan Mongolia


Jika perbatasan antara China dan Nepal memakai gunung Everest yang terkenal, maka perbatasan China serta Mongolia pun tidak kalah unik. Kedua negara bersepakat membuat dua patung dinosaurus super besar yang saling berhadapan yang berlokasi di kedua negara. Belum diketahui maksud pembuatan patung dinosaurus besar selain sebagai penanda batas antar kedua negara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon